Monitoring Internal di Prodi Kesehatan Masyarakat

Rangkaian kegiatan monitoring internal untuk tahun 2016, yang dijalankan saya diakhiri dengan kunjungan ke Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran, Universitas Lambung Mangkurat.  Kegiatan ini dapat terselenggara pada hari Jum`at tanggal 9 September 2016, setelah sempat tertunda beberapa kali karena alasan ketidaksiapan tim program studi.

Program studi ini terhitung masih berusia muda, berdiri pada tahun 2007 dengan jumlah tenaga pengajar sebanyak 21 orang. Meskipun demikian, berdasarkan hasil audit dan monitoring ditemukan data bahwa sekitar 50 % tenaga pengajar atau dosen yang ada yang berhak dan memenuhi syarat sebagai pembimbing skripsi karena syaratnya sudah terlampaui yakni memiliki NIDN dan kepangkatan minimal Asisten Ahli. Sedangkan sisanya berupa tenaga honorer atau sedang melanjutkan studi S2.

Satu hal yang patut disyukuri bagi program Studi Kesehatan Masyarakat adalah kekompakan dan kerjasama yang ditunjukkan oleh tenaga pengajar selama monitoring internal.  Alhamdulillah hampir seluruh dosen yang berstatus tenaga pengajar tetap ikut hadir dalam kegiatan ini.  Data-data yang digunakan sebagai bukti-bukti atas tulisan pada borang program studi juga tidak lupa disodorkan.  Bersama auditor utama dari Bu Nofia Hardarani, acara ini berhasil dituntaskan pada pukul 11.50 WITA, tepat sekitar 30 menit lagi menjelang waktu sholat Jumat.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *