Jasa Ekosistem Mangrove Bagi Kesehatan dan Kesejahteraan Manusia

Menurut Undang-undang Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 1997 tentang Pengelolaan Lingkungan Hidup, ekosistem merupakan tatanan unsur lingkungan hidup sebagai satu kesatuan utuh menyeluruh dan saling mempengaruhi dalam membentuk keseimbangan, stabilitas, dan produktivitas lingkungan. Hadirnya struktur dan fungsi ekosistem selanjutnya akan menghasilkan berbagai manfaat suatu ekosistem kepada manusia sebagai karunia dari Allah Subhanahuwata`ala yang disebut sebagai jasa ekosistem.

Kita bisa lihat contoh dari ekosistem pesisir, yang terdiri dari ekosistem terumbu karang, padang lamun, dan mangrove. Gabungan ketiga ekosistem tersebut sudah dapat memberikan banyak kontribusi bagi perekonomian Indonesia. Kontribusi yang bisa diperoleh manusia dari ekosistem pesisir ini, adalah berupa jasa-jasa ekosistem seperti jasa penyediaan, jasa pendukung, jasa habitat, dan jasa budaya. Jasa penyediaan dapat memberikan pengaturan dalam menyediakan pangan, bahan baku ataupun energi. Ekosistem juga memberikan jasa pendukung seperti pengaturan gas dan udara sehingga kita mendapatkan atmosfer lingkungan yang sangat baik. Jasa habitat dapat dilihat dalam bentuk hadirnya biodivesitas yang berasosiasi dengan ekosistem. Sedangkan jasa kultural banyak dimanfaatkan dalam ekonomi kreatif serta penelitian untuk mendongkrak perekonomian. 

Pustaka

  • https://lindungihutan.com/blog/ekosistem/
  • Awuku-sowah, Emma M, Nicholas A J Graham, and Nigel M Watson. 2022. “Investigating Mangrove-Human Health Relationships : A Review of Recently Reported Physiological Benefits.” Dialogues in Health 1 (October): 100059. https://doi.org/10.1016/j.dialog.2022.100059.

 

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *