Lamut Rahmatan Lil ‘Alamin

Lamut Rahmatan Lil ‘Alamin

lamut-masuk-sekolah-2011
Pak Jamhar di tengah siswa SMA Negeri 1 Martapura yang mengikuti Program Lamut Masuk Sekolah (2011)

Tradisi lisan balamut yang kini sangat langka merupakan tradisi sebagian orang Banjar yang sangat rumit. Ada yang menganggapnya bertentangan dengan ajaran Islam (dan tentu anggapan ini berasal dari luar komunitas balamut) tapi orang-orang dalam komunitas balamut tak perduli dengan anggapan itu. Mengapa dianggap demikian? Karena Lamut adalah dewa yang menjelma menjadi manusia dan ia begitu fasih mengajarkan ajaran-ajaran tasawuf. Mereka menduga komunitas ini meminta pertolongan kepada para dewa dari agama lain. Padahal, penuturan cerita ini selalu diawali dengan bacaan bismillah dan pada saat bahundang-hundang selalu ditekankan bahwa semua permohonan pertolongan hanya mungkin terjadi dalam kekuasaan Allah swt.

Karena itu pula komunitas balamut menganggap balamut selaras dengan Islam, dan dengan tradisi itu mereka melestarikan kebiasaan yang telah dilakukan oleh leluhur mereka; cara mereka mensyukuri kebahagiaan, dan salah satu cara mereka mencari jalan keluar dari masalah-masalah kehidupan.

Palamutan Gusti Jamhar Akbar, warga Alalak Selatan adalah saksi hidup bahwa tradisi ini bukan hanya dilakukan oleh sebagian Muslim Banjar tetapi juga dilakukan oleh umat Konghucu Banjar. Konghucu Banjar menjadi identitas yang rumit ketika Banjar telah diidentikkan dengan Islam. Sebelum orang-orang ribut tentang arti penting toleransi dan multikulturalisme, Pak Jamhar telah melakukannya pada beberapa dekade yang silam sampai sekarang. Prinsip dasarnya adalah Islam rahmatan lil alamin.

Doa selamat yang ia bacakan di tempat orang Konghucu yang mengundangnya sama dengan doa yang ia baca di tempat Muslim. Baginya ini bukan masalah, karena Allah itu Tuhan bagi semua mahluk. Dengan demikian Allah juga Tuhan bagi semua manusia, baik yang mengimani-Nya maupun yang tidak.

Untuk memperkenalkan bagaimana Pak Jamhar menuturkan cerita Lamut, berikut ini beberapa tautan video cuplikan pertunjukannya.

  1. Rencana Balamut Karasmin “Ambung Sakti Mencari Kasih”
  2. Balamut M. Jamhar Akbar di The 3rd Banjarbaru Book Fair 2015
  3. Ritual Balamut Hajat/Tatamba Gusti Jamhar Akbar 2016
  4. Tawa dalam Balamut Pak Jamhar (Lampiran 3)
  5. Syair Pembuka dalam Lamut Pak Jamhar
  6. Dialog Palamutan dengan Agen Gaib (Labay)
  7. Dialog Lamut dan Pande Rudiah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *