Bahan Ajar Bahasa Indonesia untuk SMP

Bahan Ajar Bahasa Indonesia untuk SMP

Uji Kinerja PLPG Subrayon Unlam 2016
SEMANGAT DAN CERIA: Uji Kinerja PLPG Subrayon Unlam 2016

Hikmah terbesar dari setiap kesempatan saya bisa bertatap muka dengan para guru adalah pengalaman mereka yang memberi banyak informasi dan inspirasi tentang cara mereka menghadapi kesulitan pembelajaran. Salah satu kesulitan yang mereka hadapi adalah ketersediaan bahan ajar yang sesuai dengan tuntutan tujuan pembelajaran, tingkat kecerdasan siswa, dan latar belakang sosial dan budaya mereka. Hampir semua buku pelajaran ditulis oleh penulis dari luar Kalimantan Selatan. Sudah bisa dipastikan bahwa bahan ajar yang berorientasi pada khasanah kekayaan ilmu pengetahuan lokal tidak akan ditemukan dalam buku-buku tersebut. Oleh karena itu, melalui halaman ini saya ingin berbagi beberapa bahan ajar terkait dengan pembelajaran tematik yang ada dalam buku berbasis kurikulum 2013. Silahkan diunduh dengan meng-klik tautan bahan ajar yang diinginkan. Mohon selalu diingat jika Anda menggunakan bahan-bahan tersebut, cantumkan identitas bahan ajar tersebut dengan jelas dan lengkap dalam daftar rujukan Anda sebagai bentuk pertanggungjawaban dan apresiasi terhadap Hak Kekayaan Intelektual (HAKI). Di samping itu saya juga berharap kepada para guru yang menggunakan bahan ajar dari tautan ini bersedia berbagi pengalaman tentang penggunaan bahan-bahan tersebut di kelas dengan menulis cerita pengalaman pembelajaran dan mengirimkannya ke email saya:

sainulhermawan@unlam.ac.id.

Selain itu, saya juga berharap para guru berperan aktif untuk ikut berbagi bahan melalui halaman ini. Silahkan kirimkan bahan yang Anda miliki, jelaskan sumber bahan ajar tersebut dan untuk tema apa bahan tersebut dapat diajarkan. Silahkan juga kirim saran dan permintaan yang terkait dengan penyediaan bahan ajar selanjutnya. Semoga segala upaya ini bermanfaat bagi ikhtiar menyiapkan generasi bangsa yang jujur, disiplin, bertanggungjawab, kritis, peduli, dan komunikatif.

Kelas VII

Romiyatun dan Ismoyo. 2008. Bahasa Indonesia Jendela Ilmu Pengetahuan. Kelas VII SMP/MTs. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.

(MASIH DALAM PROSES PENGEMBANGAN)

Kelas VIII

Dewaki Kramadibrata, dkk. 2008. Terampil Berbahasa Indonesia untuk SMP/MTs Kelas VIII. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

(MASIH DALAM PROSES PENGEMBANGAN)

Kelas IX

Muniarsih, Tri Retno dan Sunardi. 2008. Pelajaran Bahasa Indonesia 3 untuk SMP/MTs Kelas IX. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

Unit 1 buku ini berisi pelajaran tentang mendengarkan dialog interaktif dan membedakan fakta dan opini di dalam iklan. Ada beberapa video dialog interaktif bertema lokal yang dapat diunduh dari tautan berikut ini:

  1. Tentang Hasni Hasan Basri (Duta TV)
  2. Tentang Maria Roeslie (Duta TV)
  3. Dialog Interaktif TVRI Banjarmasin
  4. Hari Telur Nasional 2016 (Duta TV)
  5. Adaro Festival Dangsanak (Duta TV)

Guru SMP harus hati-hati memilih video dengan mempertimbangkan usia anak. Video yang dipilih harus selalu mempertimbangkan kontribusi video tersebut bagi pendidikan karakter.

Terkait dengan pembelajaran yang menggunakan iklan sebagai media, beberapa video iklan yang berkaitan dengan dunia anak-anak berikut ini dapat dipertimbangkan penggunaannya:

  1. Iklan Makanan dan Peralatan Bayi
  2. Iklan Pasta Gigi
  3. Iklan Makanan dan Minuman

Terkait dengan alokasi waktu pembelajaran, guru harus mampu memotong video tersebut sesuai dengan alokasi waktu pembelajaran yang tersedia.  Di samping itu, dalam memilih video, pertimbangkan kualitas gambar dan suara yang baik. Beberapa laman pemotong video dapat digunakan yaitu:

  1. Video Cutter
  2. Wincreator.com
  3. Freevideocutter.com
  4. Youtubecutter.com

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *