Cara Membuat Kutipan dan Daftar Pustaka di Ms Word secara Otomatis

Menulis bagi banyak orang begitu menyenangkan, apalagi menuliskan apa yang kita rasakan. Tetapi, hal ini akan sangat berbeda ketika kita harus menulis sebuah karya tulis ilmiah. Jauh sebelum menulis karya tulis ilmiah, kita sering dituntut baik di sekolah maupun di kampus untuk mengerjakan tugas sesuai kaidah-kaidah bahasa yang baik. Penulisan yang baik dan benar artinya sebuah tulisan yang sesuai standar penulisan yang berlaku. Hal ini agar tulisan kita tidak hanya enak dibaca, tetapi juga enak di pandang.

Kesulitan dalam konsistensi dan penulisan yang standar membuat kita perlu memanfaatkan apa yang biasa kita gunakan. Kesulitan lainnya yang sering terjadi adalah ketika kita harus bolak balik membuka buku atau internet sebagai pedoman untuk menulis. Penulisan kutipan dan daftar pustaka merupakan upaya kita untuk menghindari plagiarisme. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk menghargai karya orang lain. Bukankah kita juga tidak senang jika karya kita di akui oleh orang lain?

Aplikasi yang biasa kita gunakan dalam penulisan konten karya ilmiah, yaitu Microsoft Word. Aplikasi ini juga memberikan kemudahan lain bagi penggunanya. Kemudahan yang dapat kita manfaatkan adalah untuk membuat kutipan dan daftar pustaka secara otomatis. Referensi yang kita masukkan dalam Microsoft Word masih bisa kita gunakan untuk membuat tulisan pada file baru. Dengan Microsoft Word juga, referensi yang kita buat dapat kita gunakan dalam keadaan offline. Oleh karena itu, referensi yang tersimpan di Microsoft Word dapat kita gunakan kapanpun.

Dalam video ini, kita akan belajar membuat kutipan dan daftar pustaka dengan MS Word secara otomatis. Selain itu, kita akan mengenal contoh dengan style APA dan IEEE.

~Selamat belajar~

Tinggalkan Balasan