Beasiswa S2 dan S3 Aminef/Fullbright

Source: FB AMINEF/Fullbright

IMPORTANT FAQ: Timeline Beasiswa Fulbright S2 dan S3

 

 

 

 

 

 

 

Selamat Sore Semuanya!
Berikut ini adalah Timeline Beasiswa Fulbright jenjang S2 dan S3 yang sering ditanyakan oleh pelamar. Mohon dibaca dengan seksama sampai akhir, ya!

1. 15 FEBRUARI 2018: DEADLINE.
Di tanggal ini, berkas aplikasi kamu dan kelengkapannya sudah harus kami terima di kantor AMINEF. Aplikasi boleh dikirim via kurir pengiriman atau diantarkan langsung. Namun mohon maaf, kami tidak membantu kroscek kelengkapannya, karena daftar berkas yang harus dikirimkan sudah tertulis di halaman belakang form aplikasi Fulbright.

Bagi fresh graduate program S1 (untuk pelamar Fulbright S2) atau program S2 (untuk pelamar Fulbright S3) dimana kamu sudah sidang skripsi/thesis namun belum wisuda per 15 Februari, kamu

sudah boleh mendaftar Fulbright, lho!

Silakan lampirkan Surat Keterangan Lulus Sementara (SKLS) dari universitas berikut dengan transkrip terbaru. Namun jika sidang skripsi/thesis disetelah 15 Februari, maka kamu belum bisa melamar Fulbright tahun ini. Silakan coba melamar tahun depan ya.

2. MARET 2018: SELEKSI BERKAS
Tahap ini akan berlangsung internal dan melibatkan panitia seleksi independen.

3. APRIL – JUNI 2018: SELEKSI WAW

ANCARA
Bagi mereka yang lulus di tahap seleksi berkas, AMINEF akan mengundangnya dalam seleksi wawancara tatap muka dalam bahasa Inggris. Undangan akan disampaikan via email kepada masing-masing peserta. Sebagai Informasi, wawancara via video call atau teleconference tidak dimungkinkan. Semua peserta wawancara harus datang ke venue yang ditentukan. Jangan khawatir, bagi mereka yang berdomisili di luar kota, kami akan menanggung biaya transportasi sesuai domisili dan memberi uang saku untuk akomodasi. (Ketentuan ini tidak berlaku buat kamu yang berada di luar negeri saat tanggal seleksi wawancara)

4. JUNI 2018: PENGUMUMAN HASIL

SELEKSI WAWANCARA
AMINEF akan menghubungi mereka yang lolos tahap wawancara via email dan telepon. Disinilah mereka resmi dinyatakan sebagai “Kandidat Fulbright”. Setelah itu, ada beberapa tahapan lainnya di bawah ini yang perlu kamu lalui.

Tidak terpilih dalam tahap seleksi administrasi atau tahap wawancara? jangan berkecil hati. Kamu masih boleh melamar Fulbright lagi di tahun depan. Tidak ada batasan untuk ini.

5. JULI – NOVEMBER 2018: TES TOEFL IBT DAN GRE/GMAT
AMINEF akan mendaftarkan Kandidat Fulbright untuk menjalani tes TOEFL IBT dan GRE/GMAT sesuai dengan ke

butuhan. Kami juga akan mendaftarkan kamu untuk tes ulang jika perlu. Jarak dari tes pertama ke tes kedua adalah minimal 30 hari sesuai dengan ketentuan lembaga penyelenggara tes. AMINEF akan menanggung biaya pendaftaran tes serta menyediakan akomodasi dan transportasi disesuaikan dengan keperluan masing-masing Kandidat Fulbright.

Namun, Kami tidak membiayai biaya kursus persiapan TOEFL IBT/ GRE/GMAT bagi mereka yang ingin menjalaninya. Kami sarankan kamu untuk mempersiapkan diri jauh-jauh hari, karena skornya nanti diperlukan untuk proses pendaftaran ke universitas. Semakin tinggi skormu, maka aplikasimu ke universitas di Amerika akan semakin kompetitif, kan?

6. NOVEMBER – DESEMBER 2018:

TAHAP PENDAFTARAN KE UNIVERSITAS DI AS
Pada tahap ini, AMINEF akan mendaftarkan Kandidat Fulbright ke Universitas di Amerika. Tidak hanya satu, tapi 4-5 universitas sekaligus. Tentu kami juga menanggung biaya pendaftaran ke universitas.

Ada lebih dari 4000 universitas di Amerika yang bisa dipilih. Sejak tahap awal pelamar disarankan untuk mencari tahu universitas mana yang menyediakan bidang studi dan spesialisasi yang ingin

diambil. Jangan hanya terpaku pada nama terkenal atau ranking universitas yang tinggi saja, karena universitas yang demikian belum tentu menyediakan jurusan yang kamu minati.

Khusus untuk Kandidat Fulbright S3, disarankan untuk mulai identifikasi profesor yang kajiannya sesuai dengan topik rencana penelitian sejak awal pendaftaran beasiswa supaya kamu bisa lebih mudah melewati tahap ini.

AMINEF bekerja sama dengan partner kami di Amerika akan mempertimbangkan pilihan universitas kamu, disesuaikan dengan kualifikasi, kompetensi, serta skor tes IBT dan GRE/GMAT mu. Kami akan memberikan beberapa pertimbangan terkait daftar universitas yang kamu pilih.

Kamu juga dipersilakan untuk melakukan pendaftaran tambahan ke universitas lainnya diluar Submission Plan yang dibuat. AMINEF akan menyiapkan Surat Keterangan pend

ukung yang menyatakan bahwa kamu adalah Kandidat Fulbright. Namun, biaya pendaftaran ke universitas dan biaya pengiriman dokumen ke Amerika perlu kamu tanggung secara mandiri.

7. JANUARI – JUNI 2019: PENGUMUMAN PENERIMAAN UNIVERSITAS
Mengingat masing-masing kampus memiliki kalender akademik yang berbeda, maka tanggal keluarnya pengumuman penerimaan di universitas pun akan berbeda juga. Jika kamu diterima di lebih dari satu universitas, tentu kamu lah yang harus memutuskan di universitas mana kamu ingin kuliah. Jika sudah mengambil keputusan tersebut, kamu resmi disebut sebagai “Penerima Beasiswa Fulbright” a.k.a. Fulbrighter. Yeay!

8. MEI 2019: ORIENTASI PRA-KEB

ERANGKATAN (PDO)
Bagi Fulbrighter yang sudah menentukan di universitas mana dia akan kuliah per awal Mei 2018, maka ybs akan diundang untuk mengikuti acara Orientasi Pra-Keberangkatan (PDO) di pertengahan Mei. Di acara ini, kamu akan bertemu dengan Fulbrighters dari seluruh Indonesia dan akan dibekali materi yang berkenaan dengan kehidupan akademis dan non-akademis di Amerika. Jangan kuatir, biaya akomodasi, meeting, tiket pesawat, serta uang saku untuk acara ini akan ditanggung oleh AMINEF. Asyik kan?

Bagi Fulbrighter yang memutuskan penempatan universitas setelah pertengahan Mei, maka kami undang y

bs untuk mengikuti acara Mini PDO susulan di kantor AMINEF.

9. JUNI – SEPTEMBER 2019: KEBERANGKATAN KE AMERIKA SERIKAT
Fulbrighter perlu menyediakan paspor yang valid serta melakukan Medical Check Up (MCU) di Rumah Sakit sebelum keberangkatan ke Amerika. Biaya untuk proses ini ditanggung oleh Fulbrighter. Apabila exit permit atau ijin atasan diperlukan, maka pengurusa

nnya juga dilakukan secara mandiri.

Setelah dokumen diatas lengkap, AMINEF akan memberikan guideline pengisian form aplikasi visa dan membantu menjadwalkan Fulbrighter untuk wawancara visa di Kedutaan Amerika Serikat di Jakarta atau di Konjen Amerika Serikat di Surabaya. Tiket pesawat, akomodasi, dan uang saku untuk keperluan ini akan disediakan oleh AMINEF.

Setelah visa dikeluarkan (issued), Fulbrighter akan berangkat ke Amerika sesuai dengan kalender akademik universitas masing-masing. Tiket pesawat dari domisili masing-masing ke Jakarta dan dari Jakarta ke Amerika Serikat, berikut uang sakunya akan disediakan oleh AMINEF.

Fulbrighter wajib ikut Pre-Depar

ture Briefing (PDB) singkat di kantor AMINEF sebelum keberangkatan ke Amerika.

Bagi Fulbrighter yang dirasa bahasa Inggrisnya perlu diperdalam sebelum menjalankan kegiatan akademis, ybs akan didaftarkan untuk mengikuti program pengayaan Bahasa Inggris selama 3-5 minggu. Fulbrighter yang tidak mengikuti program ini akan mengikut

i Gateway Orientation selama 3 hari.

Keputusan mengenai siapa yang akan didaftarkan untuk program-program tsb diatas MUTLAK ditentukan oleh A

MINEF dan partner kami di Amerika.

Satu hal lagi, kedua event tersebut akan berlangsung di Amerika Serikat. Bukan di Indonesia, ya!

=== END ====

 

Demikian Timeline Program Fulbright untuk S2 dan S3 yang juga berlaku untuk Fulbright Grants for Indonesian Lecturers. Sekarang teman-teman tahu kan, bahwa prosesnya memang lama karena kami bantu dari awal sampai akhirnya berangkat ke AS.

Semoga #FulbrightIndonesiaTips ini bermanfaat.

Silakan kunjungi www.aminef.or.id bagian ‘Grants for Indonesians’ untuk formulir pendaftaran masing-masing program. Yuk bagikan postingan ini sebanyak-banyaknya kepada rekan-rekan sesama Future Fulbrighters.

Tetap semangat dan terima kasih! 🙂

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *