Selamat Datang, 2020

Selamat datang, 2020 :). And as cliché as it may sound, a new year is a good time to start something new. Walaupun mungkin tidak selalu begitu. Mungkin kita hanya perlu momentum, untuk menekan tombol restart.

Anyway, dari sekian banyak hal yang ingin saya kerjakan di tahun 2020 ini, kembali menulis adalah salah satu yang menjadi prioritas. Dari dulu punya blog pribadi, tapi demi sesuatu yang baru di tahun yang baru, here I am using this blog with my institution as a domain. So probably this one supposed to be more…academic, I guess? (With supposed to being the operative words).

Speaking of academic, just FYI, untuk Semester Genap 2019/2020 ini, saya akan mengajar 4 mata kuliah: Struktur Senyawa Anorganik, Teknologi Kitin dan Kitosan, Kimia Humus, dan Pengenalan Lingkungan Lahan Basah. I am actually excited to teach those subjects. So probably I will write something about those subjects in this some-kind-of-formal blog.

Still speaking about academic, saya sudah membaca hasil evaluasi dari mahasiswa atas mata kuliah yang saya ampu semester lalu. Alhamdulillah, cukup memuaskan. Beberapa komentar, honestly, touched me.

Here are some that made me almost cry:

  • Saya sangat menyukai cara belajar mengajar pada semester ini. Sangat membuat saya bersemangat setiap hari. Dan tidak sabar untuk bertemu pada minggu selanjutnya. Terima kasih banyak.
  • Happy sekali mengkikuti kuliah ini, dosennya nya ngajar dan memberi penjelasan dengan menggunakan bahasa yang mudah dipahami mahasiswa
  • Untuk ibu utami saya sangat menyukai cara ibu menjelaskan karena mudah dipahami. Soal ujian pun sesuai dengan apa yang ibu jelaskan.
  • Cara mengajar ibu mudah dipahami dan asik, saya jadi semangat apabila masuk kelas kimia.
  • ibu utami irawati: selalu datang saat praktikum dan memberikan penjelasan singkat mengenai hasil praktikum dan itu sangat membantu

Selain itu, sistem penilaian menggunakan rubrik penilaian yang disampaikan di mahasiswa sejak awal penugasan yang saya terapkan sepertinya cukup membantu. Terlepas dari yang komentar positif, banyak masukan yang mudah-mudahan bisa saya follow-up.

Beberapa saran yang bisa saya rangkum dan mudah-mudahan bisa saya perbaiki di semester yang akan datang:

  • Soal ujian sebaiknya tidak hanya hafalan dari slide, tapi juga contoh kasus sehingga melatih problem solving
  • Lebih optimal dalam menggunakan fasilitas elearning.
  • Soal pre-test praktikum jangan terlalu sulit (actually I wasn’t the one responsible for this but I will definitely put this into consideration)
  • Lebih banyak tugas kelompok

Believe me, I read all the comments and reflect on it so thank you very much to those who filled in the questionnaire.

Tapi sebenernya juga ada komentar yang saya lalu agak bingung untuk follow-upnya sih: ibu utami irawati: ibu sangat bersemangat dalam menyampaikan materi dan terkadang fokus saya hilang karna semangatnya ibu untuk menyampaikan materi hehe.

Ahahahaha… Iya juga sih ya, saya kadang emang suka overly enthusiastic gituuuu…

Anyway. Cheers for a new, and hopefully, a better semester!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *