RPKPS

RPKPS
(RENCANA PROGRAM DAN KEGIATAN PEMBELAJARAN SEMESTER)

 

  1. Nama Matakuliah :    Struktur Aljabar I

 

  1. Kode/SKS :    JACC 141/2 SKS

 

  1. Prasyarat :    JACB 112 (Pengantar Dasar Matematika)

 

  1. Status Matakuliah :    Pilihan/Wajib (coret yang tidak sesuai)

 

  1. Deskripsi singkat matakuliah :

Struktur Aljabar I merupakan salah satu cabang matematika abstrak, yang umumnya akan lebih sulit dibandingkan dengan cabang lain yang lebih kongkrit. Pokok bahasan pada mata kuliah ini adalah: Operasi Binier, Grup, Subgrup, Jenis-jenis Grup, Koset, Grup Normal, Grup Faktor, Homomrfisma, Kernel, Image, dan Teorema Fundamental Homomorfisma.

 

  1. Tujuan Pembelajaran (Capaian Pembelajaran) :
  2. Mampu mengamati, mengenali, merumuskan dan memecahkan masalah melalui pendekatan matematis dengan atau tanpa bantuan piranti lunak.
  3. Mampu mengembangkan pemikiran matematis, yang diawali dari pemahaman prosedural/komputasi hingga pemahaman yang luas meliputi eksplorasi, penalaran logis, generalisasi, abstraksi dan bukti formal.
  4. Mampu menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural.

 

  1. Hasil Pembelajaran (Standar Kompetensi) :

Malalui mata kuliah ini diharapkan mahasiswa mampu:

  • Menjelaskan konsep: Operasi Biner, Grup, Subgrup, Jenis-jenis Grup, Koset, Grup Normal, Grup Faktor, Homomrfisma, Kernel, Image, dan Teorema Fundamental Homomorfisma.
  • Membuktikan sifat- sifat dari: Grup, Subgrup, Koset, Grup Normal, Grup Faktor, Homomrfisma, Kernel, dan Image.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *