MEMPERBAIKI HASIL BELAJAR DENGAN PENERAPAN MODEL INKUIRI TERBIMIBNG PADA TOPIK KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP DI SMP NEGERI 23 BANJARMASIN

M. Arsyad

Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Lambung Mangkurat

Jl. Brigjend H. Hasan Basri No. 87 Kayutangi Banjarmasin

Email: muhammadarsyad@unlam.ac.id

dipresentasikan dan diterbitkan pada Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA Universitas Lambung Mangkurat tahun 2016 tanggal 3 September 2016

Abstrak

Penelitian  tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar kognitif pada topik Klasifikasi Makhluk Hidup dengan penerapan model Inkuiri Terbimbing. Penelitian ini terdiri atas 2 siklus, siklus 1 dilaksanakan 4 kali pertemuan, sedangkan siklus 2 terdiri atas 3 kali pertemuan. Subjek penelitian siswa kelas VIID SMP Negeri 23 Banjarmasin berjumlah sebanyak 25 orang,  terdiri dari 5 orang siswa laki-laki dan 20 orang siswa perempuan. Pengumpulan data dilaksanakan bulan Oktober 2015, bertempat di SMP Negeri 23 Jalan A. Yani kilometer 3 Banjarmasin. Jenis data yang dikumpulkan dari penelitian ini adalah  data hasil belajar kognitif. Data hasil belajar kognitif diperoleh dari pre test dan pos test tentang kognitif produk kemudian diberi skor 1 jika benar dan 0 jika salah. Data hasil kognitif dianalisis berdasarkan ketuntasan individual dan ketuntasan klasikal dengan KKM ≥ 75. Penelitian menyimpulkan  peningkatan dari 59% pada siklus 1 menjadi 76,4% pada siklus 2, akan tetapi belum mencapai ketuntasan.

 

Kata Kunci : Hasil Belajar, Model Inkuiri Terbimbing