Strategi adalah keseluruhan pendekatan atau cara pelaksanaan gagasan atau rencana untuk mencapai  tujuan tertentu seara efektif dan efesien. Pada pembelajaran dikenal juga istilah strategi pembelajaran. Strategi pembelajaran dapat dipahami sebagai suatu pola umum pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran secara efektif dan efesien yang tersusun secara sistematis berdasarkan prinsip-prinsip pendidikan, psikologi, didaktik, dan komunikasi dengan mengintegrasikan struktur (urutan langkah pembelajaran) pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran/alat peraga, pengelolaan kelas, evaluasi, dan waktu yang diperlukan.

Pada pembelajaran selain strategi juga diperlukan pendekatan.  Pendekatan adalah suatu rangkaian tindakan yang terpola atau terorganisir berdasarkan prinsip-prinsip tertentu  (filosofis, psikologis, didaktis dan ekologis) yang terarah secara sistematis pada tujuan-tujuan yang hendak dicapai. Istilah pendekatan  dalam pembelajaran dapat dimaknai sebagai Suatu rangkaian tindakan pembelajaran yang dilandasi oleh prinsip  dasar tertentu (filosofis, psikologis, didaktis dan ekologis) yang mewadahi, menginspirasi, menguatkan dan melatari metode pembelajaran tertentu.

Model adalah  representasi atau deskripsi untuk menjelasakan objek, konsep atau sistem dalam bentuk replika atau tiruan yang disederhanakan dari objek  atau konsep aslinya. Model juga dapat didefinisikan sebagai  contoh konseptual atau prosedural dari suatu program,sistem, atau proses yang dapat dijadikan acuan atau pedoman dalam mencapai tujuan. Dalam pembelajaran model dapat berarti prosedural atau langkah dari suatu proses pembelajaran yang dapat dijadikan acuan dalam mencapai tujuan pembelajaran. Ciri suatu model pembelajaran adalah adanya langkah pembelajaran atau sintak yang dijadikan sebagai  acuan pada saat kegiatan pembelajaran berlangsung.

Metode adalah prosedur atau cara yang ditempuh untuk mencapai tujuan tertentu. Merode pembelajaran  adalah prosedur, urutan, langkah-langkah dan cara yang digunakan. Metode pembelajaran adalah jabaran dari  pendekatan dan difokuskan pada pencapaian tujuan pembelajaran. Pelaksanaan suatu metode pembelajaran dapat dibantu dengan teknik pembelajaran. Teknik pembelajaran adalah cara-cara konkrit yang dipakai saat proses pembelajaran berlangsung.Guru dapat berganti-ganti teknik pembelajaran meskipun dalam koridor metode yang sama. Satu metode dapat diaplikasikan melalui berbagai teknik pembelajaran.