Kalian tentu pernah mendengar jika lidah pada ular dapat berfungsi untuk mencium (membau). Ya, itu memang tepat. Reptil merupakan salah satu kelompok yang dapat mengindra senyawa kimia di udara dengan menggunakan lidah. Jika pada manusia lidah hanya beefungsi sebagai pengecap. Maka lain halnya dengan reptil. Lidah reptil memiliki fungsi lain.

Tahukah anda mengapa hal tersebut bisa terhadi. Hal ini karena ular memiliki salah satu organ yang disebut dengan Organ Jacobson. Organ tersebut terlerak pada langit-langit ular. Lalu bagaimanakan cara kerja organ tersebut?

Pada saat ular akan membau atau mendeteksi bau yang ada di sekitarnya, maka ular akan mengeluarkan atau menjulurkan lidahnya. Hal ini bertujuan agar senyawa kimia yang ada di udara dapat ditangkap oleh lidah. Kemudian lidah akan ditempelkan pada organ jacobson yang terletak pada langit-langit rongga mulut ular. Organ jacobson ini akan menerima rangsangan bau yang dihantarkan oleh lidah tersebut. Kemudian organ jacobson akan menghantarkan impuls bau tersebut ke olfactori lob (lobus olfaktori) pada saraf pusat ular. Sehingga bau tersebut dapat dideteksi oleh saraf pusat.

Hal itulah yang menyebabkan lidah usae memiliki fungsi yang lain yaitu untuk membau. Menarik bukan? Begitulah Maha Kuasa Tuhan menciptakan berbagai makhluk yang Dia kehendaki. Dan dianugerahkannya makhluk tersebut berbagai kelebihan untuk mencari rejeki (makanan) bagi kelangsungan hidupnya.