Kegiatan PKM 2021

Pengembangan Produk Berbasis Bunga

Telang di KWT Sosial Permai Banjarbaru

Tim Pengabdi dari ULM dipimpin oleh Kholifatu Rosyidah, M.Si. bersama tiga dosen lainnya yaitu Maria Dewi Astuti, M.Si., Dwi Kartini, M.Kom., dan Kamilia Mustikasari, M.Si. mendampingi KWT Sosial Permai kembangkan produk berbahan bunga telang. Bunga telang berwarna biru menarik, warnanya yang cantik dengan rasa dan aroma yang netral membuat bunga telang mudah dipadukan dengan berbagai produk makanan dan minuman. Warna alami juga memberikan manfaat untuk kesehatan karena berperan sebagai antioksidan. Pengembangan produk ini diharapkan mampu menigkatkan keterampilan dan profit bagi mitra yaitu ibu-ibu yang tergabung dalam kelompok wanita tani Sosial Permai Banjarbaru. Bagi masyarakat secara luas, pengembangan produk bunga telang ini diharapkan meningkatkan kesehatan.

Produk yang telah berhasil dibuat dari bahan bunga telang diantaranya: sirup, teh tubruk, teh celup, akar pinang, kembang goyang, kue lumpur, bingka berendam, lumpur surga, dadar gulung, puding susu, bolu, tapai, es krim, minuman es telang susu, es cendol telang, dan es telang lemon dan produk-produk lain akan menyusul karena prinsip-prinsip pengolahan makanan dan minuman dengan bunga telang telah dipahami oleh mitra.

Menurut Ibu Wahidah Riwayani, ketua KWT Sosial Permai produk yang paling diminati konsumen adalah teh tubruk bunga telang, sirup bunga telang dan teh celup bunga telang. Sementara kue basah dan minuman siap saji penjualannya belum rutin karena sudah mulai musim hujan, penjualan hanya dilakukan ketika hari cerah/panas.            

Gambar both portabel dan produk dari bunga telang

Kegiatan pendampingan dilaksanakan mulai bulan Juni sampai November 2021. Pada kegiatan PKM PNBP 2021 ini, ULM juga menyerahkan bantuan berupa both portable untuk pameran maupun jualan produk bunga telang. Pengabdi juga memberikan bantuan oven hybrid untuk pengering bunga telang. Oven hybrid ini sumber energinya dari tenaga surya (PTS) dan PLN.

Gambar Oven Hybrid PLTS dan PLTN

Produk bunga telang ini sangat baik untuk kesehatan karena banyak mengandung senyawa antosianin yang bersifat antioksidan. Pembelian produk dapat menghubungi ibu Wahidah Riwayani selaku ketua KWT Sosial Permai Banjarbaru atau datang langsung ke pusat pengembangan produk berbasis bunga telang (Teh Telang Ulin Banjarbaru https://maps.app.goo.gl/ZjjAq2R9hb28xVG49) di Jl. PM Noor RT 23 RW 06 Kelurahan Sungai Ulin Banjarbaru sekitar 500 meter dari Bumi Perkemahan Bina Banua arah Mandiangin.

6 Comments

  1. Maria Dewi Astuti

    Semoga produk-produknya terus berkembang dan terus eksis.

    Reply
    1. kholifaturosyidah (Post author)

      Aamiin. Terima kasih do’anya.

      Reply
  2. e

    Luar biasaa, nanti mau beli

    Reply
    1. kholifaturosyidah (Post author)

      Terima kasih. Kami tunggu ya….

      Reply
  3. e

    Liar biasaa, mau beli produknya nanti

    Reply
    1. kholifaturosyidah (Post author)

      Terima kasih, silahkan kunjungi Telang Ulin Banjarbaru, Pusat Pengembangan Produk Berbasis Bunga Telang

      Reply

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *