Mengabdi di Tengah Pandemi Covid-19

https://online.fliphtml5.com/kznyc/ezrr/

Wabah Covid-19 menimbulkan dampak pada sejumlah aktivitas masyarakat, termasuk aktivitas Tri Dharma Perguruan Tinggi. Setiap tahunnya, Tim Dosen Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Lambung Mangkurat (ULM) melaksanakan kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat (P2M) dengan mendatangi sejumlah kelompok masyarakat di beberapa daerah di Kalimantan Selatan. Tahun lalu, kami melaksanakan kegiatan P2M pada dua Kabupaten/Kota, yaitu di Kampung Literasi Angkasa Banjarbaru dan di lokasi ekowisata hutan mangrove Desa Pagatan Besar Kabupaten Tanah Laut.

Tahun ini, kami memutuskan untuk melaksanakan kegiatan P2M dengan harapan dapat memberikan manfaat khususnya meningkatkan pengetahuan masyarakat dalam mengenali dan mencegah penyebaran informasi hoax seputar Covid-19. Untuk menjaga Social Distancing dan menghindari perkumpulan massa, tim kami memutuskan untuk menggunakan media online, dimana tim menyusun materi seputar Covid-19 kemudian materi tersebut diformat dalam bentuk artikel untuk dimasukkan dalam majalah digital yang disebarkan melalui sejumlah media sosial. Selain dalam format majalah digital, kami juga membuat majalah dalam bentuk cetak untuk disebarkan ke sejumlah kelompok masyarakat di tiga Kab./Kota yang terkena dampak Covid-19 dalam wilayah Kalimantan Selatan, yaitu Kota Banjarmasin, Kab. Banjar, dan Kota Banjarbaru.

Semoga majalah ini bermanfaat bagi pembaca. Akhir kata, semoga pandemik ini segera berlalu dan kita bisa kembali melaksanakan aktivitas dalam kondisi normal… Aamiin…

Tim P2M Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP ULM
Atika, S.IP., M.Si.
Putri Ayu Hidayatur Rofiqoh, S.Pd., M.A.
Muhammad Muthahhari Ramadhani, S.Ikom., M.Ikom.
Luciana Ainun Tyas
Widya Wardhanie

Link Majalah Pengetahuan Covid-19: https://online.fliphtml5.com/kznyc/ezrr/

Leave a Reply