User Generated Content (UGC)

User Generated Content (UGC) adalah konten yang diproduksi atau dihasilkan sendiri oleh para pengguna (user).

Setelah membaca sebuah hasil penelitian tentang pemanfaatan dan pengelolaan media UGC, saya berinisiatif mengajak mahasiswa Kelas “New Media” untuk menemukan sosok/tokoh yang sebelumnya bukan siapa-siapa, namun setelah menggunakan media UGC dia dapat menjadi inspirasi bagi orang banyak.

Sejumlah user telah dipilih dan dituliskan oleh mahasiswa, namun tidak semua dapat dimuat dalam page ini. Berikut sosok/tokoh “from nothing to something” yang telah mereka pilih:

Kevin Anggara... berkat rajin menulis di blog/web, Bukune (penerbit buku) menemukan tulisannya dari blog, dan akhirnya menawarkan kerjasama... Pada tahun 2013, terbitlah buku pertama Kevin yang berjudul "Student Guidebook for Dummies: Panduan Ngaco Pelajar Keren" http://www.kevinanggara.com
(Mailani Fitri & Muthia Ulfah, Mahasiswa Ilmu Komunikasi ULM Angk. 2015)
Diana Rikasari.... awalnya hanya gemar menulis buku harian hingga ia bertemu dengan dunia internet dan beralih menggunakan blog untuk menuangkan cerita kesehariannya. Hobi yang mendorongnya sharing gaya-gaya fashion pribadinya melalui blog bertajuk Hot Chocolate & Mint sejak tahun 2007. http://dianarikasari.blogspot.com/  
(Norhidayana & Novia Helda Amelia, Mahasiswa Ilmu Komunikasi ULM Angk. 2015)
Winna Efendi.... mulai aktif berbagi cerita fiksi ... melalui jaringan internet yaitu blog. Dengan mengangkat tema keseharian seperti impian, persahabatan dan cinta... dia mendapat julukan sebagai penulis romance terbaik... http://winna-efendi.blogspot.co.id
(Ditah Anggraini Nugraha & Nindita Dea Saputri, Mahasiswa Ilmu Komunikasi ULM Ang. 2015)
Bambang Pamungkas merilis buku pertamanya yaitu BEPE20: Ketika Jemariku Menari. Buku ini berisi tulisan-tulisan yang dimuat di websitenya http://bambangpamungkas20.com
(Hanariva Firyal & Kiki Aprilla Rusmana, Mahasiswa Ilmu Komunikasi ULM Angk. 2015)
Stella Lee… Ketertarikannya akan dunia blog bermula dari Stella yang ingin bisa berbahasa inggris dengan lancer. Saat berumur 11 tahun ia membuat sebuah blog berisi tentang kehidupan kesehariannya. Tahun 2009 ia mulai tertarik dengan dunia kecantikan, dan membuat blog yang berisi tentang review produk kosmetik yang dibelinya…. Hingga suatu hari Stella berksempatan diundang oleh brand-brand kecantikan untuk datang ke peluncuran kosmetik mereka, salah satunya diundang langsung ke Korea Selatan oleh Eude House. Berawal dari hobi nulis, bikin beauty blog, hingga bermain film layar lebar adalah bukti seseorang yang biasa dan memanfaatkan UGC bisa menjadi sesuatu yang luar biasa. http://www.stellalee.net/ 
(Citra Yolanda Putri & Lia Yulismawati, Mahasiswa Ilmu Komunikasi ULM Angk. 2015)
Felix Arvid Ulf Kejllberg… dengan nama pengguna “PewDiePie”. Karena keunikannya membawakan permainan game, PewDiePie mendapat respon yang baik dari para youtubers. Pada tahun 2017 akun miliknya sudah mencapai 54 juta pelanggan. Tahun 2013 dinobatkan sebagai “The King Web of Gaming”.  https://www.youtube.com/user/PewDiePie
(Rizkan Nugraha & Ahmad Fauzianoor, Mahasiswa Ilmu Komunikasi ULM Angk. 2015)
Miftah Farid….. merupakan bologer asal Banua dan salah satu pencetus terciptanya komunitas Blogger Banua di Kalimantan Selatan. Dari hobinya ngeblog dia mendapatkan banyak keuntungan baik materil maupun non materil.  http://www.miftahfarid.com/
(Muhammad Ramadhani & Wahyu Purnomo Aji, Mahasiswa Ilmu Komunikasi ULM Angk. 2015)
Linda Ikeji… Pada awalnya, dia bukanlah siapa-siapa… Dengan modal pengetahuan blog yang sangat minim, setiap hari ia rajin mengisi blognya… Seiring berjalannya waktu, blognya mulai menampakkan pengunjung yang signifikan. Tahun 2014 ia memperoleh penghargaan Outstanding Blogger of The Year.  https://www.lindaikejisocial.com/
(Gusti Sorrayya Hajjriana & Nita Indria, Mahasiswa Ilmu Komunikasi ULM Angk. 2015)
Katerina… mulai terjun ke dunia blog sejak tahun 2008 karena ia memiliki hobi menulis. Blog personalnya tempat dia berbagi hal-hal yang disukainya seperti traveling, bloging, fashion, kuliner dan hal-hal menarik. Blognya termasuk blog travel yang fokus pada destinasi wisata dalam negeri. http://www.travelerien.com/
(Siti Wulandari & Nurul Huda, Mahasiswa Ilmu Komunikasi ULM Angk. 2015)
Hana Tajima…. Mempopulerkan gaya busananya dengan memanfaatkan jaringan internet dengan membuat laman web pribadi. Gaya berbusana yang ditampilkan dalam laman webnya menarik minat para bloger muslimah di Inggris. Juli 2015, ia diajak berkolaborasi oleh brand UNIQLO untuk mendesain beberapa koleksi pakaian wanita mereka.  http://hanatajima.com/
(Indah Nuranisa & Sukma, Mahasiswa Ilmu Komunikasi ULM Angk. 2015)
Aulia Rizsa Wirizqi….. Berawal dari video yang diunggahnya di youtube, ia diundang untuk menjadi bintang tamu dalam sebuah acara musik di stasiun TV hingga berlanjut diwawancarai oleh berbagai majalah dan surat kabar. Selain seorang youtuber, dia seorang blogger. Melalui akun blognya ia berbagi kisah-kisah perjalanannya, tips-tips, kuis dan giveaway.  https://www.youtube.com/user/AULIONfilms dan http://www.aulion.com/
(Fauzia Ulfa & Lailatul Hasanah, Mahasiswa Ilmu Komunikasi ULM Angk. 2015)
Hanifa Ambadar…. Memanfaatkan blog sebagai media berbagi buah pemikirannya dengan tema fashion dan kecantikan. Akhir 2007, blog yang diprakarsai bersama dengan rekannya Affi Assegaf mampu menggaet iklan dari brand-brand telekomunikasi dan teknologi…. Kini Female Daily berkembang menjadi jaringan media digital FDN (Female Daily Network) yang mengelola beberapa situs diantaranya fashionesedaily.com; mommiesdaily.com; popsdaily.com. Hanifa dinobatkan sebagai Winner of Kartini 2.0 Indonesia Women Digital Awards 2013.  http://femaledaily.com/
(Annisa Anggraini Putri & Anisah, Mahasiswa Ilmu Komunikasi ULM Angk. 2015)
Evita Nuh….Fashion Blogger Muda go internasional mengenal blog sejak umur 9 tahun, dia mengenalkan fashionnya yang unik. Dia telah memiliki brand clothing Little Nuh. Dia merupakan 1 dari 10 blogger muda paling berpengaruh di dunia versi www.babble.com. http://jellyjellybeans.blogspot.co.id/
(Mira Novita & Vera Ayulandari, Mahasiswa Ilmu Komunikasi ULM Angk. 2015)
Benazio Rizki Putra… mulai dikenal masyarakat melalui tulisan-tulisannya di blog yang berisi cerita dalam kegiatan sehari-hari yang dialaminya dengan gaya bahasa, gambar dan video yang menarik. Salah satu penghargaan yang diraihnya adalah Best Blog in Indonesia 2011 oleh TheBOBs.com. http://www.benablog.com/
(Dina Norrahmiani & Tyas Syifa Nur Islami, Mahasiswa Ilmu Komunikasi ULM Angk. 2015)
Agus Mulyadi…… menulis tentang kisah kesehariannya, tentang teman-temannya, orang tua, kucing peliharaan, rumah dan sebagainya… ia ditawari untuk membukukan artikel-artikel yang ditulisnya di blog. Buku pertamanya “Jomblo Tapi Hafal Pancasila”… http://www.agusmulyadi.web.id/
(Aulia & Fitriany, Mahasiswa Ilmu Komunikasi ULM Angk. 2015)
Isyana Sarasvati… bermula dari ide kreatif dan keisengannya, melalui channel youtube ia mengcover lagu dari beberapa artis papan atas seperti Justin Bieber, Beyonce dll. Tahun 2015 ia merilis single pertamanya “Keep Being You”… http://isyanasarasvati.com/
(Akhmad Wardani & Willy Kurniawan, Mahasiswa Ilmu Komunikasi ULM Angk. 2015)
Sugeng…… terkenal karena blognya banyak menyajikan pengalaman luar biasa tentang blogging, SEO, dan juga internet marketing… http://sugeng.id/
(Yunanda Dwi Anggara & M. Apriyanda, Mahasiswa Ilmu Komunikasi ULM Angk. 2015)
Dian Wahyu Utami… mulai menulis di blog sejak 2010 berisi tentang tips-tips berhijab dan style terbaru hijab. Tahun 2015 dinobatkan sebagai The Business of Fashion (BOF) … http://dianpelangi.com/
(Muhammad Fajar Ikhsandi & Muhammad Ammar Ma’ruf, Mahasiswa Ilmu Komunikasi ULM Angk. 2015)
Raditya Dika… memulai semua karirnya melalui blog miliknya “kambingjantan” yang berisi kehidupan sehari-harinya. Dari tulisan awalnya yang berjudul Kambing Jantan berhasil memenangkan penghargaan di Indonesia Blog Award dan penghargaan dari Indosat sebagai The Online Inspiring tahun 2009, dan novel Kambing Jantan diterbitkan oleh Gagas Media. Setelah novel dan komik, perjalanan karirnya berlanjut pada dunia entertainment….. http://radityadika.com/
(M. Linggaraka T.H.A & Muhammad Irfan Adiyanto, Mahasiswa Ilmu Komunikasi ULM Angk. 2015)
Gita Savitri Devi….. melalui blognya dia menceritakan bagaimana suka duka kuliah di negara asing. Setelah terkenal menjadi seorang penulis di blog, dia mulai terjun ke dunia Youtube, dan kini mulai dikenal sebagai social media influencer…. http://gitasavitri.blogspot.co.id/
(Ahmad Rezkian Noor & Muhammad Iqbal, Mahasiswa Ilmu Komunikasi ULM Angk. 2015)
Muhammad Assad…. Dikenal sebagai penulis melalui bukunya yang terbit di tahun 2011 berjudul “Notes from Qatar”. Buku yang menceritakan pengalamannya ketika ia menempuh pendidikan di Qatar sebelumnya adalah kisah-kisah yang dipublikasikannya melalui blog pribadinya. Hingga sekarang sudah 6 bukunya yang diterbitkan oleh Gramedia Pustaka… https://muhammadassad.wordpress.com/
(Fredy Agustinus & Prasetya Maulana, Mahasiswa Ilmu Komunikasi ULM Angk. 2015)
Pete Cashmore… seorang pria biasa yang mendalami blog dan menulis beberapa artikel tentang trend teknologi. Blognya memiliki konsep unik dalam menyajikan informasinya. Tahun 2009, dia mampu mengalahkan TechCrunch sebagai blog teknologi paling popular. http://mashable.com/
(Hanifa & Siska Arianti, Mahasiswa Ilmu Komunikasi ULM Angk. 2015)
Willian Tanuwijaya…. Memanfaatkan UGC dengan membangun suatu lahan kerja di bidang penjualan online Tokopedia yang menjadi e-commerce terbaik di Indonesia tahun 2016… https://www.tokopedia.com/
(Arifah Nurillah & Windariyati, Mahasiswa Ilmu Komunikasi ULM Angk. 2015)
Ketut, Gerald, Alfin….. membuat channel Youtube “Kok Bisa?”, memuat konten edukasi mengenai pertanyaan sehari-hari yang dijawab dengan sajian kemasan grafis dengan simpel dan menarik… https://www.youtube.com/channel/UCu0yQD7NFMyLu_-TmKa4Hqg dan https://kokbisachannel.wordpress.com/
(Ihya Ul Alfi Mubarrak & Kukuh Pambudi, Mahasiswa Ilmu Komunikasi ULM Angk. 2015)

Tinggalkan Balasan