Pernahkah anda merasa cemas saat melihat postingan orang lain di instagram? Jika ya, sebaiknya anda harus mengetahui tentang instagramxiety.

Instagramxiety adalah rasa cemas yang muncul saat kita melihat postingan atau unggahan orang lain di instagram. Rasa cemas tersebut muncul karena adanya rasa iri, cemburu, rendah diri, atau bahkan membenci diri sendiri karena melihat postingan orang lain. Pada umumnya perasaan tersebut muncul karena kita menganggap diri kita tidak akan sanggup untuk mencapai apa yang orang lain peroleh.

Salah satu penyebab utama munculnya instagramxiety adalah karena kita merasa rendah diri saat melihat unggahan atau postingan orang lain. Bahkan beberapa influencer mengunggah hal-hal yang menurut kita akan sangat sulit untuk kita capai. Hal ini yang menyebabkan munculnya rasa iri, cemburu, bahkan rasa rendah diri yang akan berujung pada munculnya rasa cemas.

Lalu, apakah kita harus berhenti menggunakan instagram jika kita mengalami instagramxiety? Ternyata hal tersebut tidak harus dilakukan oleh orang yang mengalami instagramxiety. Menurut Cal Strode, juru bicara Mental Health Foundation intagramxiety muncul karena kita membanding-bandingkan diri kita dengan orang lain. Membanding-bandingkan diri kita sendiri dengan orang lain dapat menimbulkan rasa cemas.

Berdasarkan penyebab utama instagramxiety tersebut, maka langkah konkrit yang bisa dilakukan untuk mengatasi instagramxiety adalah dengan berhenti mebanding-bandingkan diri sendiri dengan orang lain. Menghargai diri sendiri dan selalu bersyukur dengan apa yang kita miliki adalah langkah bijak agar tidak terjebak dalam instagramxiety. Jangan sampai instagram sebagai salah satu flatform media sosial terbesar saat ini yang harusnya kita manfaatkan malah menyebabkan hal negatif pada diri kita. Jadikanlah postingan dan unggahan orang lain sebagai tambahan pengetahuan bagi kita dan sebagai motivasi bagi kita untuk menjadi lebih baik lagi.