Tuntunan Praktis Menulis Makalah Untuk Jurnal Ilmiah Internasional

Tuntunan Praktis Menulis Makalah Untuk Jurnal Ilmiah Internasional

oleh : Mikrajuddin Abdullah

Satu hal yang sangat merisaukan dalam dunia riset di tanah air adalah minimnya jumlah makalah yang terbit di jurnal ilmiah internasional yang dihasilkan oleh dosen dan peneliti di Indonesia. Dibandingkan dengan negara
lain, kita menjadi kurang percaya diri . Jika makalah ilmiah di jurnal internasional yang dihasilkan semua per
guruan tinggi diIndonesia selama satu tahun dijumlahkan, maka jumlahnya masih kalah dengan yang dihasilkan salah satu universitas didi luar kita selama satu tahun juga.
Memang banyak hal yang masih perlu perbaikan di negeri ini, baik dari sisi penyandang dana pemerintah maupun komunitas risetnya. Dana riset yang dikucurkan oleh penyandang dana masih dianggap sangat kecil. Para peneliti juga meningkatkan etos kerja dan tidak terlalu banyak mengeluh.
Para peneliti perlu juga bertanya, walaupun dana riset yang diterima masih kecil, apakah produk yang diberikan sudah seimbang dengan dana yang diterima. Jangan-jangan produk yang dihasilkan sebenarnya cukup dengan 10% dana yang diterima.
Juga akhir-akhir ini banyak sekali guru besar yang dihasilkan, baik di perguruan tinggi negeri maupun swasta. Tetapi produktivitas riset tidak senanding dengan peningkatan jumlah Guru Besar tersebut. Justru yang produktif dalam riset kebanyakan bukanlah guru besar. Guru besar yangdiharapkan menjadi ujung tombak kegiatan riset dan menjadi lokomotifdalam menghasilkan karya ilmiah bermutu berubah menjadi orang yang tidak menghasilkan riset
yang signifikan.
Buku tipis ini diperuntukan bagi dosen, peneliti, atau mahasiswa pasca sarjana yang masih memiliki keinginan menulis makalah di jurnal-jurnal internasional. Tidak peduli apa jabatannya; asisten, lektor, lektor kepala, atau guru besar. Buku ini merupakan kumpulan pengalaman penulis bagaimana menulis makalah ilmiah untuk dipublikasikan ke jurnal ilmiah internasional.
Selengkapnya anda bisa mengunduh di sini!

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *