Tujuh pola hidup sehat Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam

Mempunyai hidup yang sehat tentu menjadi hal yang senantiasa diinginkan oleh semua orang. Dengan hidup yang sehat tersebut, kita dapat melakukan segala aktivitas. Maka tidak heran jika mencari cara agar bisa hidup dengan sehat.

Ternyata, kita tidak perlu jauh-jauh mencari referensi bagaimana cara hidup sehat. Rasulullah shallallahu alaihi wasallam  dapat menjadi contoh untuk mendapatkan hal tersebut. Menurut pakar kesehatan pola makan serta gaya hidup Rasulullah sangat ideal dengan irama tubuh biologis manusia.

Maka tidak heran jika Rasulullah shallallahu alaihi wasallam  dikatakan sebagai teladan bagi seluruh umat manusia. Tidak hanya dari segi ibadah dan agamanya, namun juga kesehariannya. Lantas, bagaimanakah pola hidup sehat dari Rasulullah SAW? Berikut informasi selengkapnya.

1.Segelas Air Dingin Dicampur Madu Asli untuk Sarapan

Hal pertama yang dilakukan oleh Rasulullah shallallahu alaihi wasallam  untuk hidup sehat adalah ketika mengawali pagi harinya dengan sarapan. Menu sarapan beliau adalah segelas air dingin dicampur dengan madu asli.
Ternyata, dari segi dunia medis madu berfungsi sebagai obat yang memiliki banyak manfaat. Di antaranya adalah dapat mengaktifkan usus-usus, membersihkan lambung. Tidak hanya itu, madu juga dipercaya dapat menyembuhkan peradangan, sembelit dan wasir.

2. Tujuh Buah Kurma di Waktu Dhuha

Selain sarapan, Rasulullah shallallahu alaihi wasallam juga mengkonsumsi 7 kurma matang pada saat memasuki waktu shalat Dhuha yakni waktu pagi menjelang siang. Rasulullah shallallahu alaihi wasallam  bersabda : “Barang siapa yang mengkonsumsi tujuh buah kurma, maka Ia akan terlindungi dari segala jenis racun”.

3. Roti dicampur Cuka dan Minyak Zaitun untuk Makan Siang

Pada waktu makan siang, Rasulullah shallallahu alaihi wasallam mengkonsumsi roti dicampur dengan cuka dan minyak zaitun.  Makanan tersebut memiliki banyak manfaat diantaranya dapat mencegah kepikunan, lemah tulang hingga kanker. Bahkan juga dapat menjaga suhu tubuh tetap hangat saat musim dingin.

4. Sayuran atau Tsarid di Malam Hari

Pola makan Rasulullah selanjutnya adalah ketika malam hari beliau suka makanan sayuran. Tidak hanya itu, beliau juga kerap mengkonsumsi tsarid yakni campuran daging dan roti dicampur dengan kuah air masak. Labu air merupakan buah kesukaan Rasulullah, ternyata bisa mencegah penyakit gula. Ternyata Rasulullah juga suka mengkonsumsi buah anggur dan juga susu.

5. Tidak Langsung Tidur Setelah Makan

Rasulullah shallallahu alaihi wasallam juga tidak langsung tidur setelah makan. Adapun hal yang dilakukannya adalah beraktivitas secara ringan agar makanan dapat dicerna dengan baik oleh lambung. Biasanya aktivitas yang dilakukan oleh Rasulullah shallallahu alaihi wasallam tersebut adalah dengan shalat.

6. Berolahraga Ringan

Rasulullah juga menjaga kesehatannya dengan cara berolahraga. Biasanya beliau melakukan olahraga ringan seperti bermain dengan anak dan cucunya. Tidak hanya itu, beliau juga pernah lomba lari bersama istrinya Aisyah radiyallahu’anha.

7. Tidur Lebih Awal dan Tidak Begadang

Pola hidup sehat yang terakhir adalah dengan tidu awal dan beliau paling tidak menganjurkan umatnya untuk begadang. Maka dari itu, beliau tidur lebih awal setelah shalat isya dan mengobrol sebentar. Tujuannya adalah agar beliau bisa bangun untuk shalat tahajjud dan subuh.

Demikianlah pola hidup sehat yang dapat diteladani dari Rasulullah shallallahu alaihi wasallam. Oleh karena itu, alangkah lebih baik apabila kita mengikuti hal-hal kebaikan yang sudah dilakukan oleh Rasulullah tersebut.

Sumber : disini

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *