RANCANGAN PEMBELAJARAN SEMSTER (RPS) MATAKULIAH KONSELING LINTAS BUDAYA

1

 

RENCANA PEMBELAJARAN SEMSTER (RPS)

 

Mata Kuliah                            : Konseling Lintas Budaya     Kode : AKBE 2501    Semester : V (Lima)    SKS: 3 Sks

Jurusan / Program Studi          : Ilmu Pendidikan / Bimbingan Konseling

Dosen Pengampu                    : Ali Rachman, M.Pd/ Akhmad Sugianto, M.Pd

Capaian pembelajaran lulusan yang dibebankan pada mata kuliah ini:

  1. Aspek Sikap
  2. Mampu bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial dan kepedulian yang tinggi terhadap masyarakat da lingkungannya.
  3. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, kepercayaan, dan agama serta pendapat/temuan original orang lain.
  4. Aspek Keterampilan Umum
  5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.
  6. Aspek Keterampilan Khusus
  7. Terampil menggunakan informasi dan problematic perkembangan terkait dengan proses pendidikan dan latar sosial budayanya sebagai kerangka layanan bimbingan konseling yang menjadi tanggung jawabnya.
  8. Terampil menggunakan teori dan problematic perkembangan manusia sasaran bimbingan konseling, terutama anak dan remaja dalam proises pendidikan, budayanya sebagai kerangka piker ( world view) layanan bimbingan konbseling tanggung jawabnya.
  1. Aspek Pengetahuan
    1. Mampu berpikir kritis logis, kritis, sistematis, dan inovatif tentang kaidah-kaidah filsafat, pendidikan, psikologi, sosial budaya dan antropologi dalam konteks pengembangan atau mendasari implementasi keilmuan dan praksis bimbingan dan konseling.
    2. Menguasai paradigma, teori, pendekatan, prosedur dan teknik-teknik konseling psikodinamik, humanistik, behavioristik, kognitif, postmoderen dan integritas dengan memperhatikan kondisi lingkungan dan tata nilai budaya Indonesia.
    3. Menguasai informasi dan problematik perkembangan masyarakat dalam proses pendidikan dan latar sosial budayanya

 

 

MINGGU KE 1 KEMAMPUAN YANG DIHARAPKAN (CPMK) BAHAN KAJIAN BENTUK PEMBELAJARAN WAKTU PENGALAMAN BELAJAR INDIKATOR & KRITERIA PENILAIAN BOBOT PENILAIAN (%)
1 Mahasiswa mampu merencanakan dan merancang sistem perkuliahan selama satu semester dan tugas kelompok yang diberikan. Pemaparan rencana pembelajaran semester (kontrak perkuliahan), Pembagian tugas kelompok dan topic pembahasannya Diskusi, Penugasan, Presentasi, Tanya jawab 1 x 2 x 50 Menelaah informasi tentang rancangan perkuliahan dan tugas kelompok yang diberikan dengan mengecek literature yang diberikan oleh dosen serta menggali berbagai informasi yang relevan seperti jurnal, buku, e-book, dll Kualitas tugas, kualitas sumber informasi yang dikaji, kemampuan presentasi. 10%
2-3 Mahasiswa mampu menguraikan bahan kajian dengan berbagai sumber yang relevan Konsep dasar konseling lintas budaya, karakteristik serta tema dasar konseling lintas budaya Diskusi, Tanya jawab, presentasi, penugasan 2 x 2 x 50 Menguraikan materi yang dibahas kelompok dengan mempresentasikan hasil bahsan kelompok di dalam sebuah kelas guna menyimpulkan maksud dari bahan kajian yang dibahas Kualitas tugas dilihat dari :

Ketepatan topic tugas dengan makalah yang dibuat, sumber relevan yang dimasukan dalam makalah dengan toipik yang dibahas, kemenarikan presentasi secara individual, ketepatan dalam menjawab pertanyaan yang diajukan oleh audiens.

10%
4-9 Mahasiswa mampu mendiagnosa pengaruh budaya dengan aspek kepribadian individu sehingga mahasiswa dapat membangu persepsi terhadap pengaruh budaya dengan fenomena kehidupan. Budaya – Kognisi, Budaya- Emosi, Budaya – Kepribadian, Budaya – Perilaku Sosial, Budaya – Komunikasi, Pendekatan indigenous, Diskusi, Tanya jawab, presentasi, penugasan 4 x 2 x 50 Tugas mendiskusikan masalah yang diberikan dosen secara kooperatif untuk membangun persepsi mahasiswa terhadap pengaruh budaya dalam konteks fenomena kehidupan. Kebenaran analisis masalah, kelogisan dan ketepatan solusi yang diberikan 15%
10 Mahasiswa mampu menguraikan kembali melalui tes tentang materi yang sudah di jelaskan sebelumnya Materi kuliah pertemuan 2-7 UTS (Ujian Tengah Semester) 1 x 2 x 50 Tes Ketepatan dalam menjawab soal tes yang diberikan 20%
11-13 Mahasiswa mampu menguraikan bahan kajian dengan berbagai sumber yang relevan Standar kompetensi konselor lintas budaya, Etika profesional dalam konseling lintas budaya, Model-model konseling lintas budaya Diskusi, Tanya jawab, presentasi, penugasan 4 x 2 x 50 Tugas menelaah dan menyimpulkan materi dalam makalah serta mempresentasikannya dalam diskusi kelas. Kualitas tugas dilihat dari :

Ketepatan topic tugas dengan makalah yang dibuat, sumber relevan yang dimasukan dalam makalah dengan toipik yang dibahas, kemenarikan presentasi secara individual, ketepatan dalam menjawab pertanyaan yang diajukan oleh audiens

10%
14-15 Memilih satu jenis kearifan budaya lokal dan merencang tekhnik konseling lintas budaya yang inovatif dengan menerapkan aspek-aspek kreativitas. Aktivitas berbasis pengalaman untuk mengembangkan kepekaan budaya Diskusi, Tanya jawab, presentasi, penugasan, simulasi 2 x 2 x 50 Tugas merancang pendekatan  & tekhnik dalam konseling lintas budaya sesuai dengan kearifan lokal yang dipaki sebagai dasar pembuatkan tekhnik & pendekatan tersebut . Mempresentasikan dan mempraktekan tekhnik yang telah dirancang dan mendiskusikannya untuk mendapatkan masukan. Kualitas tekhnik dan kreatvitas mahasiswa dengan indikator, originalitas, kebaruan serta kebermafaatannya dalam layanan konseling lintas budaya 15%
16 Mahasiswa mampu menguraikan kembali melalui tes tentang materi yang sudah di jelaskan sebelumnya Seluruh materi kuliah UAS (Ujian Akhir Semester) 1 x 2 x 50 Tes Ketepatan dalam menjawab soal tes yang diberikan 20%

 

 

DAFTAR REFERENSI

  1. Lago, Colin. 2006. Race Culture and Counseling : The Ongoing challenge. New York: Open University Press
  2. Matsumoto, D. 2000. Culture and Psychology. 2nd Belmont, CA: Wadsworth
  3. Sue, D.W. dan Sue, D. 2003. Counseling The Culturally Diverse: Theory and Practice. New York: John Willey and Sons
  4. Gielen, Uwe P.; Draguns,Juris G.; Fish, Jefferson M. 2008. Principles of Multicultural Counseling and Therapy. New York: 2008 by Taylor & Francis Group, LLC

 

2

 

SISTEM PENILAIAN

 

No Huruf Angka Katagori Indikator Pencapaian
Kehadiran Keaktifan * Tugas UTS UAS Sikap **
Individu Kelompok
1 A ≥ 80 Sangat Baik Maksimal 1 kali izin selama satu semester Sangat Aktif (visual, lisan, mendengarkan, menulis, motorik, mental emosional) Mengumpul & nilai minimum 80 Mengumpul & nilai minimum 80 Mengikuti & nilai minimum 80 Mengikuti & nilai minimum 80 Kognitif, Afektif & Psikomotorik
2 B+ 75 – 79.9 Lebih Baik Maksimal 2 kali izin selama satu semester Sangat Aktif (visual, lisan, mendengarkan, menulis, motorik, mental emosional) Mengumpul & nilai minimum 75 – 79.9 Mengumpul & nilai minimum 75 – 79.9 MengIkuti & nilai minimum 75 – 79.9 Mengikuti & nilai minimum 75 – 79.9 Kognitif, Afektif & Psikomotorik
3 B 70 – 74.9 Baik Maksimal 3 kali izin selama satu semester Aktif (visual, lisan, mendengarkan, menulis, mental, emosional) Mengumpul & nilai minimum 70 – 74.9 Mengumpul & nilai minimum 70 – 74.9 MengIkuti & nilai minimum 70 – 74.9 Mengikuti & nilai minimum 70 – 74.9 Kognitif, Afektif & Psikomotorik
4 C+ 65 – 69.9 Lebih dari Cukup Maksimal 4 kali izin selama satu semester Cukup Aktif (visual, lisan, mendengarkan, menulis) Mengumpul & nilai minimum 65 – 69.9 Mengumpul & nilai minimum 65 – 69.9 MengIkuti & nilai minimum 65 – 69.9 Mengikuti & nilai minimum 65 – 69.9 Kognitif, Afektif & Psikomotorik
5 C 60 – 64.9 Cukup Maksimal 5 kali izin selama satu semester Cukup Aktif (visual, lisan, mendengarkan, menulis) Mengumpul & nilai minimum 60 – 64.9 Mengumpul & nilai minimum 60 – 64.9 MengIkuti & nilai minimum 60 – 64.9 Mengikuti & nilai minimum 60 – 64.9 Kognitif, Afektif & Psikomotorik
6 D+ 55 – 59.9 Kurang Maksimal 6 kali izin selama satu semester Kurang Aktif ( visual & mendengarkan) Mengumpul & nilai minimum 55 – 59.9 Mengumpul & nilai minimum 55 – 59.9 MengIkuti & nilai minimum 55 – 59.9 Mengikuti & nilai minimum 55 – 59.9 Kognitif, Afektif & Psikomotorik
7 D 50 – 54.9 Sangat Kurang Maksimal 7 kali izin selama satu semester Kurang Aktif ( visual & mendengarkan) Mengumpul & nilai minimum 50 – 54.9 Mengumpul & nilai minimum 50 – 54.9 MengIkuti & nilai minimum 50 – 54.9 Mengikuti & nilai minimum 50 – 59.9 Kognitif, Afektif & Psikomotorik
8 E 0 – 49.9 Jelek Maksimal 8 kali izin selama satu semester Tidak Aktif (mendengarkan) Mengumpul & nilai minimum 0 – 49.9 Mengumpul & nilai minimum 0 – 49.9 MengIkuti & nilai minimum 0 – 49.9 Mengikuti & nilai minimum 0 – 49.9 Kognitif, Afektif & Psikomotorik

 

Keterangan :

LAMPIRAN 1. *

LAMPIRAN 2. **

 

 

3

 

TATA TERTIB MAHASISWA & DOSEN

 

  1. Mahasiswa diwajibkan menggunakan pakaian sopan & rapi pada waktu mengikuti perkuliahan di kelas ataupun di lingkungan kampus.
  2. Perempuan : Menggunakan rok / celana panjang kain yang tidak kentat, Memakai baju yang berkerah tidak transpran & kentat.
  3. Pria : Celana panjang jeans / kain, tidak celana pensil yang kentat, baju yang berkerah.
  4. Mahasiswa tidak diperkenankan memakai sandal waktu di kampus & pada saat perkuliahan, kecuali alasan tertentu ( sakit, habis kecelakaan).
  5. Pada saat perkuliahan semua handphone di silent ( mengangkat telepon harus minta ijin dan silahkan bicara diluar)
  6. Keterlambatan masuk dikelas hanya diijinkan maksimal 10 menit dari jadwal. Lewat dari batas tersebut mahasiswa boleh masuk kelas tapi tidak diperkenankan untuk tanda tangan absensi.
  7. Tidak diperkenankan melakukan keributan di kelas dalam bentuk apapun selam perkuliahan berlangsung, apabila melanggar akan ditegur terlebih dahulu & jika tidak mematuhinya akan dikeluarkan dari kelas perkuliahan.
  8. MMahasiswa wajib hadir 75% dari tatap muka (4 Kali ijin)
  9. Tidak ada ujian susulan untuk UTS & UAS, kecuali dengan alasan yang jelas serta dilampirkan suratnya.
  10. Protes nilai dilayani paling lama 1 minggu setelah nilai keluar.

 

  • ETIKA SMS KEPADA DOSEN
  1. Gunakan bahasa Indonesia dengan mencantumkan identitas diri Anda (Nama, Prodi, Angkatan)
  2. Sampaikan Salam (Assalamuallaikum, Selamat pagi, dst)
  3. Jangan menyingkat Kata-kata (Dapat membingungkan)
  4. Tuliskan keperluan anda dengan jelas dsan singkat (Bapak/ibu, hari ini saya mau bimbingan, Apkah bapak/ibu ada waktu?)
  5. Ucapkan MAAF untuk mewujudkan kerendahan hati Anda (Maaf jika saya menggangu bapak/ibu)
  6. Akhiri pesan dengan ucapan terima kasih (Terima kasih atas perhatian bapak/ibu)

 

  • LAIN-LAIN

Apabila ada hal-hal yang diluar kesepakatan ini untuk perlu disepakati dapat dibicarakan secara teknis pada saat setiap acara perkuliahan. Apabila ada perubahan isi kontrak perkuliahan aka nada pemberitahuan terlebih dahulu.

 

 

Kontrak perkuliah ini dapat dilaksanakan mulai dari  disampaikan kesepakatan ini, pada :

Hari Senin .Tanggal 05 Bulan 09 Tahun 2016 di R. 26

Pihak I

Dosen Pengampu

 

 

 

Akhmad Sugianto, M.Pd

NIP. 2016198905040101

Pihak II

Mahasiswa/Ketua Tingkat

 

 

 

…………………….

NIM.

Mengetahui,

Ketua Program Studi Bimbingan Konseling

 

 

 

 

Ririanti Rachmayanie, S.Psi.,M.Pd

NIP. 19750214 200501 2 001

 

 

 

 

 

 

 

3

 

RANCANGAN TUGAS KELOMPOK

 

Mata Kuliah                : Konseling Lintas Budaya

Semester                      : Ganjil 2016/2017 (Lima)                               Sks                  : 3 Sks

Minggu Ke                  : 4 s/d 12                                                         Tugas Ke         : 1 (Tugas Kelompok)

 

  1. TUJUAN TUGAS :

Terampil dalam menganalisis sampai dengan mengaitkan sebuah maalah dengan teori yang ada serta didukung data bacaan dalam bentuk buku teks, jurnal, prosiding, majalah, dan berbagai sumber ilmiah lainnya baik dalam bentuk hard copy  maupun soft copy secara offline maupun online dengan mendiskripsikan sampai dengan membahas permasalahan tersebur dengan pemikiran logis, kritis, sistematis, kreatif dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengtahuan sesuai bidang bimmbingan konseling dengan memperhatikan kearifan lokal budaya.

  1. URAIAN TUGAS :
  2. Obyek Garapan :

Budaya – Kognisi, Budaya- Emosi, Budaya – Kepribadian, Budaya – Perilaku Sosial, Budaya – Komunikasi, Pendekatan indigenous.

  1. Yang harus dikerjakan :

(1) Membentuk kelompok terdiri dari ± 10 orang mhs yang terdiri dari Penyaji Utama ± 5 orang mhs & Pembanding ± 5 orang mhs untuk satu bahan kajian. (2) Menyusun makalah berdasarkan  studi literature dari berbagai sumber, yang didukung oleh data, baik data yang berskala nasional maupun internasional. Dalam hal ini aktualisasi data (kekinian data/5 tahun terakhir) menjadikan bobot penilaian tinggi. Sitematika penulisan makalah silahkan lihat di buku pedoman penulisan makalah & skripsi prodi BK FKIP ULM thn 2016. (3) Menyusun slide presentasi kemudian masing-masing kelompok mempresentasikannya dengan maksimal waktu untuk kelompok penyaji & pembanding masing-masing 10 Menit. Keberhasilan presentasi ditentukan oleh tampilan,penguasaan materi, kerjasama, penguasaan audient. (4) Sisa waktu 10 menit digunakan untuk disukusi & Tanya jawab kelompok dengan audient. (5) Sisa waktu 15 menit penjelasan ulang dari dosen mengenai bahan kajian yang di bahas.

  1. Batasan-batasan Obyek :

Teori minimal bersumber dari 3 referensi yaitu (1) Colin Lago, 2006; (2) Matsumoto, 2000; (3) Sue and Sue, 2003; Uwe P Gielen dkk, 2006; & Referensi tambahan minimal 5 tahun terakhir.

  1. Metode/cara pengerjaan, acuan yang digunakan :

(1). Penulusuran dan pengumpulan data.

(2). Mendiskusikan dalam kelompok, item-item yang akan ditampilkan.

(3). Menyusun dan penulisan makalah dengan sistematika yang sudah disediakan dalam buku pedoman penulisan makalah & skripsi program studi bimbingan konseling FKIP ULM.

(4). Mendiskusikan point-point penting yang akan di presentasikan.

(5). Merancang dan menyusun slide presentasi.

(6). Uji coba presentasi dalam kelompoknya sendiri.

(7). Persiapan presentasi di kelas sampai dengan presentasi dikelas dengan maksimal waktu 10 menit perkelompok Penyaji & Pembanding.

  1. Deskripsi luaran tugas yang dihasilkan/dikerjakan :

Luaran tugas berupa makalah ditulis dalam: (1) Kertas, diketik 1.5 spasi diatas kertas HVS A4 70 gram dengan huruf Time New Roman, Font Size 12 & style normal; (2) Batas Ketikan dari tepi kiri kertas 4 cm, dari tepi kanan kertas 3 cm, dari tepi atas kertas 4 cm & tepi bawah kertas 3 cm; (3) Paragraf baru di mulai dengan menjorok kedalam teks 1 (satu) tab/lima huruf; (4) Penulisan judul BAB menggunakan huruf capital semua tanpa titik dan garis bawah, nomor BAB menggunakan angka romawi. Judul Sub bab ditulis huruf capital diawal kata, kecuali kata sambung; (5) Makalah dengan format & sistematika yang sudah ditentukan oleh buku pedoman penulisan makalah. Maksimum 15 halaman. Menggunakan tata tulis ilmiah. Dikumpulkan dalam bentuk softcopy format (*.rtf); (6) Slide Presentasi Power Point, terdiri dari : Text, grafik, tabel, gambar, animasi ataupun video clips. Maksimum 10 slide. Dikumpulkan softcopy format (*.ppt); (7) Tuliskan nama & nim masing-masing anggota kelompok, sertakan juga peran dan tugas masing-masing anggota kelompok; (8) Tugas dikumpulkan dalam folder dengan nama kelompok, berisi: makalah (*.rtf), slide Power Point (*.ppt),daftar anggota kelompok beserta masing-masing tugasnya, dan softcopy referensi yang digunakan.

 

  1. KRITERIA PENILAIAN :
  2. Penyusunan Makalah (Bobot 30%)

Tata tulis ilmiah & kepatuhan terhadap format yang ditentukan, kemutakhiran data (5 tahun terakhir), Pengolahan & penyajian tulisan (tidak dari capture & paste hasil download),sistematika sesuai dengan pedoman penulisan makalah & skripsi program studi BK FKIP ULM *

  1. Penyususnan Slide Presentasi (Bobot 30%)

Jelas dan konsisten, Sederhana & inovative, tulisan menggunakan font yang mudah dibaca, jika diperlukan didukung dengan vedio clip yang relevant, maksimum 10 slide.

  1. Presentasi (Bobot 40%)

Bahasa komunikatif, penguasaan materi, penguasaan audiensi, pengendalian waktu (10 menit presentasi), kejelasan & ketajaman paparan, penguasaan media presentasi.

 

 

  1. JADWAL PELAKSANAAN
  2. Pembentukan Kelompok : 05 September 2016
  3. Pengumpulan Tugas : 13 Septrember 2016
  4. Pelaksanaan Presentasi : 26 September 2016 – 31 Oktober 2016
4

RANCANGAN TUGAS INDIVIDU

 

Mata Kuliah                : Konseling Lintas Budaya

Semester                      : Ganjil 2016/2017 (Lima)                               Sks                  : 3 Sks

Minggu Ke                  : 14 s/d 15                                                       Tugas Ke         : 1 (Tugas Individu)

 

  1. TUJUAN TUGAS :

Terampil dalam menganalisis sampai dengan mengaitkan sebuah masalah dengan teori yang ada serta didukung data bacaan dalam bentuk buku teks, jurnal, prosiding, majalah, dan berbagai sumber ilmiah lainnya baik dalam bentuk hard copy  maupun soft copy secara offline maupun online dengan mendiskripsikan sampai dengan membahas permasalahan tersebur dengan pemikiran logis, kritis, sistematis, kreatif dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengtahuan sesuai bidang bimmbingan konseling dengan memperhatikan kearifan lokal budaya.

  1. URAIAN TUGAS :
  2. Obyek Garapan :

Aktivitas berbasis pengalaman untuk mengembangkan kepekaan budaya.

  1. Yang harus dikerjakan :

Menyusun paper berdasarkan  studi literature dari berbagai sumber, yang didukung oleh data, baik data yang berskala nasional maupun internasional. Dalam hal ini aktualisasi data (kekinian data/5 tahun terakhir) menjadikan bobot penilaian tinggi.

  1. Batasan-batasan Obyek :

Teori minimal bersumber dari 3 referensi yaitu (1) Colin Lago, 2006; (2) Matsumoto, 2000; (3) Sue and Sue, 2003; Uwe P Gielen dkk, 2006; & Referensi tambahan minimal 5 tahun terakhir.

  1. Metode/cara pengerjaan, acuan yang digunakan :

(1). Penulusuran dan pengumpulan video/lagu aktivitas berpengalam budaya yang akan disusun dalam paper maksimal 4 menit durasinya.

(2). Menyusun dan menulis paper.

  1. Deskripsi luaran tugas yang dihasilkan/dikerjakan :

Luaran tugas berupa paper ditulis dalam: (1) Kertas, diketik 1.5 spasi diatas kertas HVS A4 70 gram dengan huruf Time New Roman, Font Size 12 & style normal; (2) Batas Ketikan dari tepi kiri kertas 4 cm, dari tepi kanan kertas 3 cm, dari tepi atas kertas 4 cm & tepi bawah kertas 3 cm; (3) Paragraf baru di mulai dengan menjorok kedalam teks 1 (satu) tab/lima huruf; (4) Penulisan judul BAB menggunakan huruf capital semua tanpa titik dan garis bawah, nomor BAB menggunakan angka romawi. Judul Sub bab ditulis huruf capital diawal kata, kecuali kata sambung; (5) paper Maksimum 10 halaman. Menggunakan tata tulis ilmiah. Dikumpulkan dalam bentuk softcopy format (*.rtf); (6) Tugas dikumpulkan dalam folder dengan nama lengkap beserta NIM, berisi: paper (*.rtf) dan video/lagu yang diangkat menjadi aktivitas berpengalaman budayadengan format (Mp4) durasi video maksimal 4 menit & softcopy referensi yang digunakan.

 

KRITERIA PENILAIAN :

Penyusunan Paper (Bobot 60%)

Tata tulis ilmiah & kemutakhiran data (5 tahun terakhir), Pengolahan & penyajian tulisan (tidak dari capture & paste hasil download).

Ketepatan Topik (Bobot 40%)

Jelas, Sederhana & inovative, serta ketepatan makna yang disimpulkan dari video kedalam paper.

 

  1. JADWAL PELAKSANAAN
  2. Penjelasan Tugas : 05 Desember 2016
  3. Pengumpulan Tugas : 12 Desember 2016

SISTEMATIKA PENULISAN MAKALAH

Halaman Sampul

Kata Pengantar

Daftar Isi

Daftar Tabel (Jika ada)

Daftar Gambar (Jika ada)

 

BAB I.    PENDAHULUAN

  1. Latar Belakang
  2. Permasalahan
  3. Metode Penulisan
  4. Tujuan Penulisan
  5. Manfaat Penulisan

BAB II.   PEMBAHASAN (sesuai dengan tujuan penulisan makalah)

  1. ……………….
  2. ……………….
  3. ………………..dst

BAB III. PENUTUP

  1. Kesimpulan
  2. Saran

 

Daftar Pustaka

Lampiran (Jika ada)

 

 

 

Penyaji            /Pebanding      : Kelompok ……

Nama                           : ……………….                     NIM    : ………………………

Bahasan                       : …………………..

Tgl/ Hari                      : ……………………..

No Aspek Yang Diamati Skor %
1 Effective communication standards 30 60
  Cara & ekspresi dlm presentasi    
  Penguasaan Media Presentasi    
  Memberi kesempatan berdiskusi pada audiensi    
2 Cooperation/collaboration standards 30
  Konstribusi kerjasama dlm tim    
  Keaktifan dalam kerjasama dlm tim    
  Leadership dlm menjalankan peran    
3 Information processing standards 10 40
  Penggalian informasi    
4 Complex thinking standards 30
  Penguasaan materi    
  Memberi Ide/pemikiran/penjelasan yg cerdas    
  Penyajian Makalah    
  Nilai Rata-Rata  

 

PENILAI

Nama Mhs

NIM……..

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *